Selasa, 14 September 2010

3 Idiots!



Film yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani bergenre drama komedi, memiliki tiga tokoh pusat dengan Ranchoddas Shaymaldas Chancad sebagai tokoh utama di film ini. Diceritakan bahwa Rancho (Aamir Khan) adalah mahasiswa baru di Institut Teknologi terbaik di India. Rancho memiliki pemikiran kritis dan suka mempertanyakan dasar dari sistem yang ada di Universitas ini. Ia memiliki 2 sahabat yaitu Raju(Sharman Joshi) dan Farhan (R. Madhavan) yang memiliki perbedaan latar belakang.

Film ini dimulai dari bertemunya kembali Raju dan Farhan, setelah sepuluh tahun mereka lulus dan mereka memutuskan untuk mencari Rancho. Dalam perjalanan mencari Rancho, mereka mengenang kembali satu per satu kejadian ketika duduk di bangku kuliah dulu. Mereka penasaran mengapa Rancho hilang tanpa kabar 10 tahun belakangan ini.

Dimulai dari kejadian masa lalu, saat pertama kali Rancho masuk ke Kampus itu, saat akan dijahili oleh senior mereka, Rancho membuat percobaan sederhana dan berhasil mengerjai balik senior mereka. Dari situ lah persahabatan mereka dimulai. Mereka juga mengingat kenakalan yang mereka lakukan saat di bangku kuliah dulu. Mulai dari datang ke pernikahan tanpa di undang, di pernikahan ini Rancho bertemu dengan seorang gadis cantik yaitu Pia (Kareena Kapoor) dan siapa sangka bahwa Pia adalah anak rektor mereka yaitu Viru Sahastrabuddhe atau biasa dijuluki Virus, yang terkenal dengan kedisiplinannya. Karena hal itu, Raju dan Farhan di peringati oleh Virus untuk menjauhi Rancho.

Raju memilih untuk menjauhi Rancho dan berteman dengan chatur (anak yang pintar tapi licik). Tetapi, karena Rancho menolong ayahnya yang waktu itu sekarat, Raju kembali bersahabat dengan Rancho. Jujur aja ini film yang paling ga ketebak, soalnya bener-bener diluar dugaan. Endingnya? Gw ga mau ceritain, soalnya kalau lo tonton sendiri, lo bakal dapet feelnya hehe.

Kalau dari alur ceritanya yang melibatkan masa lalu dan masa depan, disusun dengan rapi jadi penonton tidak merasa bingung. Akting dari setiap tokoh juga bisa kita acungi jempol, karena saat adegan yang berbau komedi, kita akan tertawa sedangkan saat adegan sedih, disampaikan dengan baik sehingga kita dapat merasakan sedihnya si tokoh dalam posisi yang seperti itu. Menurut saya, untuk menyatukan adegan yang berbau komedi dan langsung berpindah ke adegan sedih, tidak bisa dilakukan oleh sembarang sutradara. Oleh karena itu, butuh pengamatan yang tajam dalam editing dan skenarionya.

Seperti pada umumnya, film Bollywood yang memiliki ciri khas utama yaitu bernyanyi sambil menari. Jujur aja gw yang nonton ngerasa aneh kalau udah scene nyanyi2 ala India. Tapi justru ini ciri khas film Bollywood,dan film Bollywood melakukan hal yang jarang dijumpai film lain, yaitu tidak meninggalkan ciri khas walaupun ciri khas itu tidak banyak disukai orang. Aksen ngomongnya mereka juga khas, kental banget sama bahasa India yang cepet aca aca. Dari Camera Movement, awalnya agak gerak-gerak dan banyak yang diambil dari sembarang angle, tapi jadi unik sih. Lightingnya agak gelap, ga sejernih film Hollywood gitu deh.

Segi Premis yang kita dapat, khususnya untuk para orangtua dulu nih. Jangan pernah memaksakan kehendak kepada anak. Soalnya anak juga punya hak untuk nentuin jalan hidupnya, kalau dipaksa yang ada anak itu bakal frustrasi ataupun menjalaninya dengan setengah-setengah. Waduh kan ga baik kalau kayak gitu. Kalau untuk anak-anak muda nih, tekuni apa yang kalian suka, karena segala sesuatu yang dikerjakan dengan usaha yang maksimal pasti akan berbuah baik. Dan untuk persahabatan, kita harus tulus bersahabat didalam suka atau duka kita harus ada untuk sahabat. Karena selain keluarga, siapa yang ngebantu kita kalau lagi dalam kesusahan kecuali sahabat? Dan juga satu lagi, jangan pernah ngeremehin orang seperti yang dilakukan sama Chatur, setiap orang punya kemampuan masing-masing. Jadi, kalau lo bagus di bidang A tapi temen lo jelek di bidang A jangan pernah diremehin. Karena siapa tau di 10tahun yang akan datang dia bakal jadi pakar di bidang A tersebut.


Sekian dari saya, Wassallam:)

0 komentar:

 

My Journey On The Earth Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez